01 Januari 2008

50 Juara Olimpiade Sains Kabur

Jakarta, BPost. Tanpa disadari, sejak tahun 1993 sudah 50 juara olimpiade Sains Nasional (OSN) asal Indonesia direkrut Singapura melalui program beasiswa di berbagai Universitas di negara itu. Sementara itu, Dapartemen Pendidikan Nasional tidak dapat berbuat apapun dan hanya mendata larinya para ahli sains ke negeri orang lain.

Ke-50 para juara olimpiade di antaranya ditampung di Nangyang Technological University dan Nasional University of Singapore. Larinya para juara OSN ini terungkap pada perhelatan OSN yang berlangsung 4-9 September 2005 di Hotel Bidakara, Jakarta.

Jika tidak diantisipasi, maka para juara OSN tahun ini, juga akan diambil negara lain. Sebagai mitra utama OSN, Sampoerna Foundation berusaha menyelamatkan juara OSN 2005 dengan memberikan beasiswa kepada pemenang OSN dengan tujuan agar calon invetor tidak hijrah ke negara lain.

"Bayangkan bila ada puluhan lagi anak yang cerdas pindah ke negeri orang lain. Indonesia benar-benar rugi besar," kata Direktur Komunikasi Sampoerna Foundation Sapto H Sakti, Selasa (6/9).

Menurutnya, Sampoerna Foudation mengajak semua pihak khususnya dunia industri untuk tergerak memberikan penghargaan yang sepadan kepada para calon investor juara olimpiade Sains. Singapura sangat paham pentingnya penguasaan Iptek dalam pembangunan industri mereka.

"Jangan hanya peserta lomba popularitas saja yang diberi perhatian dan pengargaan esktra," katanya.

Pada OSN ke-4 ini, diikuti 1.110 siswa terbaik dari 32 propinsi di Indonesia. OSN tingkat SD akan mempertandingkan dua mata pelajaran, yakni Matematika dan IPA. Sementara untuk tingkat SMP akan dipertandingkan tiga mata pelajaran (Matematika, fisika dan biologi). Sedangkan untuk tingkat SMU, ada enam mata pelajaran yang dipertandingkan (Matematika, fisika, biologi, kimia, komputer/informatika dan astronomi).

Kepada para pemenang disediakan beasiswa oleh Sanpoerna Foundation mencakup beasiswa strata satu (SI) bagi 25 siswa pemenang mendali emas, masing-masing lima orang untuk studi mataematika, fisika, biologi dan komputer/informatika.

Selain itu, Sampoerna Foundation juga menyediakan berbagai material pendukung dari mulai kaos hingga tas yang akan digunakan setiap kontigen OSN. Pemenang dipersilahkan memilih salah satu perguruan tinggi nasional terbaik yang direkomendasikan seperti Universitas Airlangga, UGM, UI, Unpad, ITB, Insitut Teknologi 10 Nopembers dan IPB untuk melanjutkan pendidikan kejenjang SI pada bidang studi ekonomi, bisnis, menjeman dan sain/teknologi terapan.JBP/sin

0 Comments:

 

© 2007 Jaringan Pamong Praja Indonesia: 50 Juara Olimpiade Sains Kabur | Design by RAM | Template by : Unique