29 Desember 2007

Pesan Presiden Republik Indonesia

SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
PADA ACARA
PENGUKUHAN PAMONG PRAJA MUDA
INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI
JATINANGOR-JAWA BARAT, 10 AGUSTUS 2006


Para Pamong Praja Muda yang berbahagia,
Berakhirnya masa pendidikan bukanlah akhir dari segalanya. Tugas telah terbentang di hadapan kalian yang tentunya tidak mudah dan ringan. Para Pamong Praja Muda dituntut untuk dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama pendidikan untuk dapat diaplikasikan di tempat pengabdian nanti.

Ilmu pengetahuan yang kalian peroleh, belumlah cukup. Diperlukan semangat, ketekunan dan kegigihan untuk terus mengembangkan diri dari waktu ke waktu. Karena itu, prestasi akademis memperoleh selama pendidikan, jadikanlah sebagai modal awal dalam meraih keberhasilan di medan tugas di waktu mendatang. Para Pamong Praja muda akan mengawali penugasan dan pengabdian di lingkungan instansi pemerintahan di seluruh Indonesia. Kalian akan bertugas memimpin masyarakat kita, yang amat beragam identitas dan latar belakangnya. Oleh karena itu, diperlukan seni dan kemampuan untuk membimbing dan melayani mereka sebaik-baiknya. Sebagai aparatur pemerintahan, kita memang dituntut untuk mampu melayani masyarakat dengan baik.

Jiwa kepamong prajaan sangat diperlukan dalam memberikan bimbingan dan pelayanan kepada masyarakat. Kedekatan hubungan Pamong Praja dengan masyarakatnya, haruslah dilandasi dengan jiwa dan semangat kesetiaan, pada profesi sebagai Pamong Praja, sehingga melahirkan kecintaan dan ketulusan dalam bekerja. Untuk itu, hidupkan dan kobarkan terus profesionalisme dan nilai-nilai kepamongan kalian di dalam penyelenggaraan pemerintahan yang penuh dengan dinamika.

Saya sangat berharap, kalian terus tumbuh menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang handal, cakap dan senantiasa berhasil dalam setiap pelaksanaan tugas. Bekal utama menuju keberhasilan dalam menunaikan tugas, antara lain adalah memahami dan menjiwai seluk-beluk masyarakat dimana kalian ditugaskan. Lakukan kebiasaan berkomunikasi dan berdialog dengan masyarakat, sebagai bagian dari upaya pelayanan masyarakat. Biasakan untuk selalu mendengar dan memahami permasalahan yang dihadapi masyarakat dan carikan upaya untuk pemecahannya. Berikan kemudahan dan janganlah sekali-kali mempersulit suatu urusan yang sesungguhnya justru dapat dipermudah.

Para Pamong Praja Muda, hadirin yang saya muliakan,
Dengan memahami alam pikiran dan alam perasaan masyarakat, maka tugas pamong praja adalah membimbing masyarakat ke arah kemajuan. Itulah sebenarnya esensi dari sikap kepamongan, yaitu sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Dalam konteks itulah, kita terus berupaya menyelenggarakan pemerintahan ini secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Kita terus-menerus meningkatkan efektivitas pengawasan aparatur negara, baik melalui pengawasan internal, pengawasan fungsional, maupun pengawasan yang dilakukan masyarakat. Disamping itu seluruh jajaran pemerintahan terus didorong untuk meningkatkan budaya kerja, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik atau good governance.

http://www.presidenri.go.id/index.php/pidato/2006/08/10/424.html

0 Comments:

 

© 2007 Jaringan Pamong Praja Indonesia: Pesan Presiden Republik Indonesia | Design by RAM | Template by : Unique